Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Akibatnya Jika Motor Tidak Diservis Secara Rutin


 Sepeda motor adalah kendaraan yang paling banyak dipakai di Indonesia saat ini. Berdasarkan data BPS pada tahun 2020 saja tercatat ada 130 juta lebih sepeda motor di Indonesia. Itu artinya hampir sebagian besar keluarga di Indonesia setidaknya memiliki 1 buah sepeda motor di rumahnya. 


Dari ratusan juta jumlah sepeda motor yang ada ini sebagian besar bermerek Honda.  Hal ini cukup wajar mengingat honda cukup irit bahan bakar sehingga cocok digunakan sebagai kendaraan operasional harian.


Sebagai kendaraan yang digunakan untuk beraktivitas setiap hari tentu saja sepeda motor memerlukan perawatan yang baik agar bisa berjalan dengan baik dan optimal. Salah satu perawatan tersebut misalnya saja adalah dengan diservis secara rutin tiap beberapa bulan sekali (setidaknya 2 atau 3 bulan sekali).


Servis rutin ini diperlukan untuk mengetahui kondisi motor beserta komponen komponennya apakah masih baik dan layak pakai atau tidak. Dan jika memang sudah tidak layak pakai maka tentunya perlu diganti.


Jadi bisa dikatakan servis rutin sepeda motor ke bengkel ini adalah hal yang sangat penting. Karena jika tidak dilakukan maka bisa mengakibatkan beberapa hal yang cukup merugikan. Beberapa hal yang bisa terjadi jika sepeda motor tidak diservis secara rutin antara lain adalah sebagai berikut:


Performa Motor Menurun

Salah satu efek negatif yang bisa terjadi pada sepeda motor yang jarang atau tidak pernah diservis secara rutin adalah menurunnya performa sepeda motor. Penurunan performa ini bisa ditandai dengan akselerasi sepeda motor yang berkurang. Hal ini disebabkan karena sepeda motor yang terus dipakai tanpa diservis akan mengalami penumpukan timbal pada karburatornya. Dan tumpukan timbal inilah yang kemudian akan menyumbat saluran bensin sehingga kurang begitu lancar dan akselerasi sepeda motor bisa berkurang.

Menurunnya performa motor ini bisa juga dikarenakan pergerakan piston dan seher yang melambat karena telat ganti oli. Oli yang telat diganti akan menjadikan piston bekerja lebih keras karena oli sudah menjadi kental.


Boros Bahan Bakar

Motor yang jarang diservis seringkali menjadi boros bahan bakar. Hal ini karena motor akan membutuhkan tenaga lebih untuk mencapai kecepatan tertentu. 


Kurang Nyaman dan Aman Saat Dipakai

Akibat buruk lain yang bisa dialami oleh motor yang jarang servis adalah sepeda motor tidak nyaman dan aman saat digunakan. Sebagai contoh misalnya motor akan bergetar saat dikendarai di jalanan karena sudah longgar antar bautnya. Getaran yang cukup keras ini selain tidak nyaman bisa juga membahayakan karena bisa menjadikan pengedaranya kurang berkonsentrasi.

Ketidakamanan motor yang jarang diservis lainnya adalah motor sering mati sendiri di jalanan. Hal ini tentu saja membahayakan tak hanya bagi diri sendiri akan tetapi juga bagi orang lain.

Belum lagi masalah rem, ban dan lain lain yang tidak diservis secara rutin juga bisa menurunkan faktor keamanan dalam berkendara.


Turun Mesin

Sebuah motor yang jarang atau tidak pernah diservis seringkali pada akhirnya harus turun mesin. Dan hal ini tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi jika ada komponen komponen mahal yang harus diganti.


Melihat dari adanya sejumlah efek negatif motor yang tidak diservis secara rutin di atas tentunya sebagai pemilik sepeda motor mulai sekarang perlu untuk menjadwalkan dan melakukan servis rutin motor honda kota. Apalagi kini untuk melakukan servis motor honda sudah semakin mudah. 


Dengan kemajuan teknologi yang ada kini kita tak perlu antre berlama lama lagi di bengkel hanya untuk menservice motor kita. Tinggal booking service motor honda menggunakan aplikasi daya auto dan kita bisa menentukan kapan dan dimana serta jenis servis yang akan kita lakukan pada motor honda kita. Untuk lokasi servis ini bisa dilakukan di bengkel resmi (AHASS) terdekat dengan kita. Dan untuk waktu booking sendiri bisa dari H-90 hingga H-1.


Tak hanya bisa booking service saja melalui daya auto ini kita juga bisa mendapatkan sejumlah kemudahan lain yang terkait dengan sepeda motor honda kita. Misalnya saja mendapatkan voucher promo baik itu voucher service, voucher belanja maupun yang lainnya seperti voucher AHM oil, voucher untuk spareparts serta voucher untuk aksesoris hona. Bisa dikatakan adanya aplikasi daya auto ini akan memberikan kemudahan yang cukup besar untuk para pengguna motor honda yang akan melakukan service rutin motornya.  Jadi pastikan motormu diservice secara rutin ya! Segera jadwalkan booking service motor hondamu melalui Aplikasi Daya Auto!


Posting Komentar untuk "Inilah Akibatnya Jika Motor Tidak Diservis Secara Rutin"