Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Upaya Upaya Untuk Meningkatkan Minat Baca Orang Indonesia


 Indonesia merupakan salah satu negara dengan tingkat literasi yang tergolong cukup rendah di dunia. Rendahnya minat baca orang indonesia baik itu anak anak maupun orang dewasa tentunya disebabkan berbagai faktor seperti kesulitan dalam mengakses bacaan, keterbatasan waktu dan lain sebagainya.

Sebagai akibat dari cukup rendahnya minat baca orang Indonesia menjadikan Indonesia cukup tertinggal dalam berbagai hal. Dan untuk mengatasi hal tersebut pemerintah bersama lembaga lembaga swasta lain telah mengupayakan berbagai cara untuk mengatasi hal tersebut. Adapun beberapa cara yang telah dan sedang dilakukan untuk meningkatkan budaya membaca masyarakat Indonesia ini antara lain adalah sebagai berikut :

Pembangunan Perpustakaan di Berbagai Daerah

Salah satu masalah utama penyebab minat baca rendah adalah susahnya masyarakat dalam mengakses bahan bacaan, baik itu karena bukunya memang langka atau karena faktor ekonomi yang menjadikan harga buku tidak terjangkau. Untuk mengatasi ini beberapa langkah telah dilaukan, misanya saja banyak pemda yang membangun perpustakaan daerah dengan koleksi buku yang cukup lengkap dan ruangan nyaman. Dengan adanya perpustakaan ini orang bisa dengan mudah meminjam buku yang ada di sana. Sebenarnya tak hanya pemerintah saja yang telah membuat perpustakaan dalam rangkan meningkatkan minat baca ini, pihak swasta baik lembaga maupun perseoranganpun juga banyak yang membuat perpustakaan gratis di berbagai daerah. Dan perpustakaan perpustakaan ini juga seringkali menerima donasi buku sehingga koleksi bukunya juga cukup lengkap.

Digitalisasi Buku

Salah satu penyebab lain orang malas membaca adalah karena ribetnya mereka harus membawa cukup banyak buku. Dan salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut ialah dengan melakukan digitalisasi buku atau mengubah buku fisik menjadi berbentuk digital (ebook). Dengan digitalisasi buku ini kita bisa mengoleksi banyak buku dan membacanya lewat smartphone maupun tablet yang mudah dibawa serta bobotnya lebih ringan dibandingkan buku berbentuk fisik.

Mengadakan Campaign Cinta Membaca

Upaya lain yang juga dilakukan untuk menggalakan budaya membaca ini adalah dengan mengadakan berbagai campaign yang menjadikan membaca menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Salah satu campaign terkait hal ini misalnya adalah campaign yang diselenggarakan oleh Tanoto Foundation yang bertajuk #IndonesiaCintaMembaca . 



Posting Komentar untuk "Upaya Upaya Untuk Meningkatkan Minat Baca Orang Indonesia"